Categories
umroh

Belanjaan Oleh-oleh Saat Ibadah Umroh

Melaksanakan ibadah haji atau umroh merupakan impian semua umat muslim di seluruh dunia, tak terkecuali muslim Indonesia. Ibadah haji yang merupakan rukun iman yang kelima adalah wajib hukumnya bagi muslim yang mampu. Mampu yang dimaksud yaitu mampu dalam hal materi dan juga mampu dalam hal kesehatan fisik serta psikisnya. Ibadah haji bukan semata-mata sebagai perjalanan spiritual semata. Akan tetapi lebih kepada bagaimana seorang muslim memenuhi panggilan Allah SWT untuk bertamu ke rumah-Nya, meneladani kisah dan perjuangan Nabi Ibrahim. Ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW dan tempat bersejarah lainnya.

Perjalanan haji tidak sama seperti perjalanan lainnya, haji dilaksanakan pada waktu tertentu dan ada berbagai macam prosedur yang harus dilewati. Bahkan di Indonesia calon jemaah haji harus sabar mengantre bertahun-tahun agar bisa berangkat haji. Itu karena banyaknya orang yang ingin berhaji, jauh melebihi kuota yang diberikan pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia. Banyak kemudian dari umat muslim yang memilih untuk melakukan umroh terlebih dahulu sembari menunggu panggilan haji. Umroh adalah kegiatan yang tidak diwajibkan untuk dijalankan, jika Anda mampu secara materi dan fisik saja. Ibadah umroh juga dapat dilaksanakan kapanpun sepanjang tahun.

Berikut ini daftar tempat untuk membeli oleh-oleh saat ibadah haji atau umroh :

  1. Pasar Bab Mekkah

Pasar Bab Mekkah merupakan salah satu pasar favorit untuk belanja oleh-oleh. Barang-barang yang dijual sangat lengkap dan hargannya relatif lebih murah dibandingkan dengan pasar lainnya. Pasar ini terletak di sudut kota Jeddah, Arab Saudi, tepatnya di Suhaifa. Jarak dari pusat kota ke pasar ini hanya sekitar 10 menit saja dengan menggunakan mobil.

Selisih harga berbagai barang di Pasar Bab Mekkah dibanding pusat perbelanjaan lainnya sekitar 25% lebih murah. Contohnya harga kurma ajwa atau kurma nabi yang biasanya dijual dengan harga 84 Riyal di tempat lain, tetapi di Pasar Bab Mekkah harganya hanya mencapai 62 Riyal saja atau sekitar Rp 223.718 per kilogram.

Pasar  di buka setiap hari dari pagi hari sampai mendekati dzuhur. Pastikan Anda tidak datang terlambat. Sebelum berangkat, ada baiknya persiapkan daftar barang-barang yang akan dibeli terlebih dahulu supaya pengeluaran Anda dapat terkontrol.

  • Pasar Kurma Madinah

Untuk Anda yang mau berbelanja kurma, Madinah merupakan tempat yang tepat untuk di datangi. Salah satu pasar yang sangat terkenal disini adalah Pasar Kurma Madinah. Letak pasar tidaklah jauh dari Masjid Nabawi, hanya sekitar 60 meter ke arah selatan masjid. Pasar yang dibuka sejak pukul 07.00 sampai pukul 23.00 ini menyediakan berbagai macam jenis kurma.

Harganya sangat berfariasi, dimulai dari 30 Riyal atau sekitar Rp 108.256 per kilogram sampai 90 Riyal atau sekitar Rp 324.777 per kilogram. Selain kurma, di pasar ini Anda juga bisa menemukan berbagai macam biskuit yang terbuat dari bahan dasar kurma. Oh ya, bagi Anda yang ingin belanja baju dan peralatan elektronik, sebaiknya hindari berbelanja di Madinah karena harganya lebih mahal dibandingkan di tempat lain.

  1. Pasar Zakfariah

Tak jauh dari Masjidil Haram ada pasar yang terkenal sebagai pasar grosiran. Yaitu  Pasar Zakfariah yang memiliki jaraknya hanya 1 Km dari Masjidil Haram, Anda bisa berjalan kaki untuk mencapainya. Barang-barang yang dijual disini sangat lengkap, mulai dari keperluan ibadah, perhiasan, kosmetik, jam tangan, bahkan barang elektronik juga tersedia disini. Untuk masalah harga, Anda tak perlu khawatir karena di sini dijual di bawah harga eceran di pasar lain.

Pasar ini hampir sama dengan pasar grosir yang ada di Indonesia, di mana Anda bisa menawar harga serendah-rendahnya tanpa perlu khawatir dimarahi atau diusir. Sudah tak mengherankan lagi  banyak jamaah yang memborong barang oleh-oleh di sini. Bahkan yang lebih menyenangkan lagi, beberapa penjual bisa berbahasa Indonesia, meskipun tidak terlalu fasih namun cukup membantu Anda yang tidak bisa berbahasa Arab. Pasar Zakfariah ini di buka dari pagi dan akan tutup sebentar ketika waktu sholat karena lorong-lorong pasar akan dipergunakan untuk malakukan sholat berjamaah. Pasar akan dibuka kembali setelah sholat selesai.

  • Pasar Seng

Bagi Anda yang berburu oleh-oleh berupa emas dan perak, maka pasar satu ini tentu saja tidak boleh Anda lewatkan. Orang Arab menyebutnya Suqudz Dzahab, namun dikalangan orang Indonesia dikenal dengan sebutan pasar seng. Lokasinya tidak jauh dari Masjidil Haram  dan mudah untuk dijangkau. Namun karena adanya perluasan area Masjidil Haram, pasar ini akan ikut tergusur.

Berikut ini 10 Rekomendasi Souvenir Haji

Ada banyak sekali souvenir yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh haji. Namun bila Anda masih bingung menentukan oleh-oleh apa yang Anda bawa pulang ke Tanah Air, berikut ini beberapa rekomendasi untuk Anda.

  1. Air Zamzam

Pulang Ibadah Haji rasanya kurang pas jika tidak membawa pulang air zamzam. Zamzam yang berarti “banyak” atau “melimpah ruah” adalah nama sebuah sumur yang terdapat dikawasan Masjidil Haram, tepatnya di sebelah tenggara Ka’bah. Sumur yang memiliki kedalaman 42 meter itu telah ada sejak zaman nabi dan terus saja mengeluarkan air hingga sekarang. Air zamzam memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bagi orang islam, air zamzam ini adalah air yang suci dan penuh dengan keberkahan. Zamzam tidak bisa ditemukan dibelahan dunia mana pun, hanya da di Mekkah. Oleh karena itu, air zamzam menjadi oleh-oleh haji yang tidak boleh Anda lupakan.

  • Kacang Arab

Setelah tiba di Tanah Air pulang menunaikan ibadah haji, pasti banyak kerabat dan sahabat yang ingin bertamu ke rumah. Sebagai suguhan untuk tamu, kacang arab sangat cocok untuk di sajikan. Kacang arab memiliki rasa yang gurih renyah dan ada juga yang manis. Cocok untuk lidah orang Indonesia. Selain itu, kacang arab juga diyakini sangat baik untuk ibu hamil. Harga kacang ini bervariasi, mulai dari 10-50 Riyal atau sekitar Rp 136.000 sampai Rp 180.000 per kilogram. Kacang arab jumbo dibandrol dengan harga sebesar Rp 60.000 per 500 gram. Anda bisa membeli kacang arab ini di toko-toko camilan disekitar Madinah dan Mekkah.

  • Kurma

Kurma merupakan buah khas Arab, bahkan kurma sudah menjadi slah satu ikon yang tak bisa dipisahkan dari negara tersebut. Pulang haji sangat aneh rasanya jika tidak membawa buah satu ini. Karena kurma sudah sering menjadi oleh-oleh prioritas yang akan dibagi-bagikan kepada keluarga dan sahabat di Tanah Air.

  • Sajadah

Peralatan ibadah seperti sajadah khas Arab juga bisa Anda jadikan oleh-oleh. Motifnya berbagai macam, ada yang dari gambar Masjidil Haram, Masjid Nabawi, dan gambar lainnya seperti kaligrafi dan motif-motif islami lainnya. Harganya juga cukup murah di mulai Rp 250.000 sampai Rp 3.500.000 per kodinya.

  1. Mukena

Selain sajadah, perlengkapan ibadah yang tak kalah menarik untuk dijadikan oleh-oleh adalah mukena. Motif serta bahan yang digunakan tentu saja sangat beragam, mulai katun jepang, mukena dubai spandex, polyester, parasut dan lain sebagainya.

  • Gamis Arab / Araba

Salah satu pakaian khas Arab adalah abaya atau gamis. Abaya ini bisa Anda beli di pasar atau toko-toko di Madinah dan Mekkah. Namun jika tidak sempat membelinya di sana atau khawatir kelebihan bagasi, Anda bisa membeli abaya khas Arab di Indonesia.

  • Peci

Jika keluarga atau teman wanita dihadiahi mukena, maka untuk laki-laki Anda bisa memilih peci sebagai oleh-ileh. Selain harganya yang relatif murah dan tidak menyita banyak tempat di dalam koper, peci juga sangat berguna karena sering dipakai untuk beribadah atau untuk kegiatan keagamaan.

  • Kismis

Yang tidak kalah penting untuk dijadikan oleh-oleh dari Arab adalah kismis. Kismis atau bahasa latinya adalah Vitis vinivera merupakan pelengkap makanan yang terbuat dari anggur yang sudah dikeringkan. Awalnya kismis terbuat dari anggur hitam, namun seiring perkembangannya kismis dibuat dari berbagai jenis anggur.

  • Kosmetik Arab

Tak hanya makanan dan perlengkapan ibadah, kosmetik juga bisa dijadikan oleh-oleh haji. Beberapa kosmetik Arab yang sangat terkenal adalah lipstik, celak, dan parfum. Semuanya bisa di dapatkan di dalam pasar Bab Mekkah atau Pasar Zakfariah.

  • Minyak Zaitun

Zaitun merupakan salah satu dari nama-nama buah yang disebutkan didalam Al-Quran. Buah ini hanya terdapat di daerah Mediterania dan memiliki sejuta manfaat bagi kita. Khasiat zaitun sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan.

By wahyu saputro

Artikel biaya paket umroh dan haji furoda plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *