Categories
Haji

Biaya Haji Furoda dan Cara Pendaftarannya

Haji Furoda sedang banyak diminati oleh calon jamaah Haji yang meninginkan berangkat lebih cepet dan tidak mengantre lama. Haji Furoda ini tidak mengambil jatah dari kuota Haji pemerintahan Indonesia. Kuota Haji Pemeritah Arab Saudi ini diberikan kepada siapa saja calon haji didunia yang bersedia melalui perantara Pemerintahan Arab. Kebijakan langsung berangkat tanpa menunggu hingga bertahun tahun lamanya tentu melalui proses persetujuan pemerintah kerajaan Arab terlebih dahulu. Para calon jamaah Haji Furoda berada dalam tanggung jawab pemerintah Kerjaan Arab Saudi secara langsung sebagai panitia pelaksana Haji. Seluruh mekanisme yang dilewati calon jamaah Haji furoda mulai dari keberangkatan hingga kepulangan nanti, semuanya berada di dalam otoritas Kerajaan Arab Saudi

Pengertian Haji Furoda

Visa Haji Furoda merupakan visa haji melalui undangan dari pemerintahan Kerajaan Arab Saudi langsung. Pemberangkatan ini dulur dari visa Haji yang telah dijatahkan kepada Kemenag RI. Jadi bisa dikatakan Haji Furoda adalah Haji mandiri yang tlah dikelola oleh travel haji yang resmi dari Kntor Departemen Agama. Proses Ibadah Haji di Indonesia secara resmi memang dikelola oleh Kementerian Agama Republik Indonesia baik dari Haji reguler dan Haji khusus (ONH Plus). Antusias masyarakan untuk emlaksanakan Haji menjadikan banyaknya daftar antrean yang cukup panjang. Tentu ini menjadi masalah tersendiri karena lamanya penantian untuk bisa berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah Haji.

Haji Furoda merupakan program Haji non kuota yang legal dan teregistrasi. Pemerintah Arab Saudi juga telah menyediakan kuota tersendiri untuk para tamu-tamunya. Jika ditanya berapa besar kuotanya dan juga seperti apa persyaratannya, pemerintah RI tidak memahami karena itu murni dari prioritas pemerintahan Kerajaan Arab Saudi.

Kelebihan Haji Furoda

Masyarakat yang mendapatkan Visa Haji Furoda akan mendapatkan banyak kelebihan dari yang lainya. Kelebihan tersebut antara lain :

  1. Keberangkatan Haji lebih cepat dari Visa Haji Reguler, maupun visa haji dari Haji plus. Haji Furoda hanya menunggu maksimal 1 tahun untuk bisa berangkat.
  2. Proses keimigrasian di Bandara King Abdul Aziz Jeddah akan jauh lebih mudah dan aman tanpa ada hambatan berarti
  3. Tersedianya tenda yang nyaman pada saat proses Haji, Arafah Muzdalifah dan juga Mina berlangsung
  4. Mendapatkan keistimewaan pada penginapan baik di Makkah maupun di Madinah. Dengan jarak yang dekat dari Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi.
  5. Kegiatan ibadah Haji akan berlangsung secara lebih khusu, tanpa ada gangguang sedikitpun
  6. Waktu dan durasi perjaanan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Kekurangan Haji Furoda

Salah satu kekurangan yang paling menonjol dari Haji Furoda adalah dengan harganya. Biaya yang dikenakan untuk  pemberangkatan visa Haji furoda cukup mahal. Hal ini banyak sekali digunakan untuk  modus penipuan yang mengakibatkan jamaah rugi besar. Seseorang akan mau saja jika berangkat ibadah hajinya lebih cepat meskipun biaya yang dikeluakan cukup banyak.

Banyak masyarakat yang menginginkan Visa Haji Furoda agar cepat berangkat ke tanah suci. Daya tarik yang tinggi akan juga mengakibatkan antrian / masa tunggu yang lama untuk jalon jamaah.

Biaya Haji Furoda

Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk berangkat Haji Furoda ini? Fasilitas apasaja yang akan didapatkan calon jamaah Haji Furoda hampir sama dengan calon Haji plus. Harga yang ditawarkan dalam keberangkatan Haji Furoda hampir sama juga dengan Haji plus. Tetapi yang istimewa adalah jadwal keberangkatan yang tanpa menunggu bertahun-tahun untuk berangkat. Tahun itu bisa saja langsung berangkat jika memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Biaya Haji Furoda yang mahal akan sebanding dengan fasilitas yang didapatkan baik dalam perjalanan maupun kehidupan di Arab Saudi. Biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa berangkat dengan Haji Furoda adalah $10.000 atau sekitar RP.142.835.000 per orang.

Harga Termasuk : Visa Haji mujamalah (furoda), tiket pesawat kelas ekonomi, akomodari, makkah hotel dan madinah hotel, apartemen transit sebelum berhaji, tenda Haji Furoda Mina dan Arafah (maktab ditentukan kemudian), Bus AC ditanah suci sesuai dengan program, Ustadz dan Muthowaf pendamping, makan 3x sehari di hotel, Air Zam-zam 5 liter.

Harga Belum Termasuk : Pembuatan dokumen paspor, buku kuning / vaksinasi miningitis, kelebihan bagasu peribadi, pengeluaran pribadi, transport dari kota asal ke Jakarta PP, DAM tamatu.

Terdapat juga pilihan dalam menentukan berapa orang dalam 1 kamar :

QUAD (Berempat satu kamar) = $17.500 / Rp.250.50.000

TRIPLE (Bertiga satu kamar) = $18.500 / Rp.264.550.000

DOUBLE (Berdua satu kamar) = $19.500 / Rp.278.850.000

Persyaratan Pendaftaran Haji Furoda

Mengisi formulir pendaftaran dan juga menandatangani surat perjanjian Haji Furoda

Membayar uang muka $5.000 sebagai tanda pendaftaran

Usia jamaah yang diatas 60 tahun / jamaah dengan penyakit resiko tinggi, kerabat atau pendamping dan juga memberikan surat keterngan dokter

Fotocopy KTP, KK, buku nikah dan akta lahir

Masa berlaku paspor 12 bulan sebelum keberangkatan haji

Nama dipasport minimal 3 kata

Pasfoto background putih tampak wajah 80% ukuran 3×4= 10 lembar dan 4×6- 5 lembar, kartu kuning vaksin miningitis.

Itinerary Haji Furoda

Hari 1. Jakarta – Jeddah – Transit

Berumpul di bandara 4 jam sebelum keberangkatan untuk briefing dan chek in, perjalanan ke Jeddah.

Hari 2. Transit

Dari Jeddah menuju hotel transit di kudai, check in dan intirahat

Hari 3. Transit

Kajian dihotel transitm setelah magrib

Hari 4. Transit – Mina(Tarwiyah) – Maktab

Selepas Isya dari transit menuju Mina dengan BUS

Hari 5. Mina (Tarwiyah) – Maktab

Mendengarkan kajian kitab

Hari 6. Arafah (Wukuf) – Musdalifah – Mina (maktab)

Setelah subuh, naik bus dari Maktab ke Arafah sarapan pagi disana, wukuf setelah dzuhur, menuju muzdalifah setelah magrib sampai jam 12 malam mencari batu untuk lem[ar jumroh

Hari 7. Mina (Maktab)

Lembar jumroh sesuai jadwal setelah itu tahalul asgar dan boleh melepas ihrom

Hari 8. Mina (Maktab)

Lembar jumroh sesuai jadwal yang telah ditetapkan pemerintah

Hari 9. Mina – Transit Awal

Pagi hari melempar jumroh kemudian langsung sarapan lalu emnuju transit

Hari 10. Transit

Sampai tempat lalu makan dan mengikuti waktu

Hari 11. Transit

Istirahat dan bersiap menuju Makkah

Hari 12. Transit – Makkah

Menuju Hotel Makkah

Hari 13-20. Makkah

Program menyesuaikan

Hari 21. Madinah – Jakarta

Berangkat meuju Jakarta Indonesia dan selamat sampai tujuan. Semoga mendapatkan predikat Haji yang Mabrur, AMINN

Akad dan Ketentuan

Peraturan Haji ini diatur dalam UU No 8 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh. Para jamaah harus paham jelas dengan akad dan juga ketentuan visa furoda ini. Teknis keberangkatan Haji langsung menuu Jeddah / Madinah. Perlengkapannya sendiri akan menggunakan seragam haji pada umumnya. Proses pengeluaran visa Haji furoda dapat dikeluarkan mendekati hari keberangkatan.

By wahyu saputro

Artikel biaya paket umroh dan haji furoda plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *