Categories
umroh

Perlengkapan Umroh yang Harus dibawa Pada Saat Ibadah Umroh

Ada tips khusus bagi Anda yang ingin menunaikan ibadah umroh agar terhindar dari kelebihan beban. Tips berikut ini dapat anda gunakan untuk merencanakan perlengkapan umroh apa yang harus dibawa saat akan berangkat umroh.

  1. Perhatikan Musim yang Terjadi di Masa Jadwal Umroh

Apakah musim dingin atau musim panas. Dengan mengetahui jenis musim, Anda dapat terhindar membawa perlengkapan umroh yang seharusnya tidak perlu dibawa sehingga dapat menyebabkan bagasi bawaan Anda penuh bahkan kelebihan bebean sehingga Anda harus membayar biaya kelebihan tersebut.

Jangan sampai Anda membawa jaket tebal saat musim panas atau sebaliknya jangan sampai kelupaan membawa jaket tebal saat musim dingin. Selain itu sediakan juga ruang untuk tempat oleh-oleh yang ingin Anda bawa pulang untuk keluarga yang ada dirumah. Perhatikan durasi waktu ibadah umroh Anda.

  • Kelompokkan Jenis Perlengkapan Umroh yang Anda Bawa

Ada baiknya Anda mengelompokkan barang-barang Anda sesuai kegunaannya, apakah akan digunakan selama perjalanan baik dari Indonesia ke Jeddah (didalam pesawat dan ketika memasuki area imigrasi untuk pemeriksaan). Apakah hanya digunakan ketika sampai di tanah suci dan lain-lain.

Tiga pengelompokkan perlengkapan umroh berikut dapat membantu anda mengatur barang bawaan Anda :

  1. Perlengkapaan Umroh yang Langsung Dipakai atau Anda Bawa
  2. Sepatu atau sandal yang cukup nyaman untuk digunakan baik untuk pria atau wanita, yang anda gunakan saat berangkat atau pulang ke/dari Tanah Suci.
  3. Tas Pinggang atau Tas Selempang

Selama beribadah umroh, Anda tetap perlu menjaga keamanan barang-barang milik Anda serta perlengkapan umroh lainnya. Tas pinggang dapat digunakan untuk menyimpang paspor, dompet, uang, handphone dan kamera pocket bila Anda ingin membawanya.

Bawalah notes kecil dan bolpen untuk mencatat nama hotel dan kamar hotel berapa Anda menginap, nomer telepon teman sekamar bila ada, nomer telepon hotel atau instansi/penanggung jawab dari travel biro umroh yang dapat Anda hubungi dalam kondisi darurat, atau bila Anda punya janji untuk bertemu dengan rombongan pada saat jam bebas beserta lokasinya.

Tas pinggang tetap dapat Anda gunakan saat Anda sholat sehingga cukup aman untuk meletakkan benda-benda penting seperti handphone dan dompet Anda. Untuk menutup supaya tidak menarik perhatian orang, simpanlah tas pingganng dibalik kain ihram atau mukena yang Anda pakai.

Jangan letakkan tas Anda sembarangan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Ingat, kita beribadah bersama ribuan orang dari penjuru dunia yang tidak kita kenal.

  1. Gadget atau Telepon Genggam

Agar pengeluaran telepon Anda tidak melonjak, gunakan kartu GSM dari operator yang menawarkan Tarif Roaming Internasional Khusus Umroh. Tarif Roaming terbagi menjadi dua yaitu Roaming Telepon dan Roaming Data.

Roaming Telepon merupakan tarif yang dikenakan kepada Anda untuk melakukan panggilan dan menerima panggilan termasuk mengirim pesan SMS. Sedangkan Roaming Data adalah tarif yang harus Anda bayar untuk melakukan koneksi internet/GPRS melalui browser telepon ataupun akses data bagi pengguna smartphone seperti Blackberry dan Tablet.

Sebaiknya Anda tidak perlu mengaktifkan fitur Roaming Data bila tidak diperlukan karena perjalanan Anda adalah perjalanan ibadah yang tidak perlu untuk dipublikasikan di sosial media. Bilapun perlu dengan niat untuk memotivasi keluarga atau kerabat, sebaiknya Anda lakukan ketika telah kembali ke Tanah Air.

Jika Anda tidak ingin direpotkan dengan pengisian pulsa maupun setting khusus agar dapat menelpon dengan murah ke Tanah Air, belilah kartu perdana lokal di bandara King Abdul Aziz Jeddah dengan harga 50 real atau sekitar 135 ribu dengan pulsa sebesar 40 real atau sekitar 108 ribu. Anda tidak perlu memikirkan roaming telepon atau data bila menggunakan perdana lokal tersebut. Selain di bandara, biasanya di dekat masjid baik di Mekkah maupun Madinah dijual kartu perdana semacam itu.

  1. Perlengkapan Umroh yang Harus Masuk Bagasi dan Hanya Diperlukan Saat Tiba di Tanah Suci (Baik Laki-laki maupun Perempuan)
  2. Perlengkapan Umroh untuk Laki-laki
  3. Kain Ihram 1 set

Dapat juga membawa 1 cadangan sebagai persiapan bila yang satunya terkena najis atau kotoran.

  • Sandal dan Tas Plastik untuk Menyimpan Sandal di dalam Masjid

Meski di dalam masjid terdapat rak, namun jumlahnya terbatas jadi ada baiknya Anda menyimpan sendiri perlengkapan umroh seperti sandal Anda dalam tas plastik bening sehingga memudahkan Anda mencari. Dapat juga Anda letakkan di dekat Anda sholat. Hal ini juga menghindari bila ternyata Anda lupa di rak mana Anda menyimpan sandal.





Model sandal yang digunakan untuk beribadah umroh dapat Anda pilih sendiri asalkan nyaman dan tidak berhak tinggi untuk perempuan. Hindari jenis sandal yang menutupi mata kaki. Pada saat thawaf dan sa’i, Anda tidak diperkenankan mengenakkan sandal, kecuali perempuan dapat menggunakan kaus kaki.
1.      Sabuk Haji yang Ada Dompetnya (Pria)
Bisa digunakan untuk menyimpan uang dan mengikat kain ihram. Bila Anda tidak memiliki sabuk haji, dapat diganti dengan tas pinggang.

  1. Kacamata Hitam

Bila perlu, untuk menghindari cahaya matahari yang menyilaukan di siang hari.

  • Baju Koko dan/atau Baju Batik

Disarankan warna putih/warna lembut untuk dikenakan saat ke masjid atau berziarah/tour. Bawa secukupnya saja sesuai dengan jumlah hari Anda berkunjung.

  • Celana Bahan Kain, Hindari Bahan Jeans

Celana kain akan membuat bagasi tempat menyimpan perlengkapan umroh Anda lebih ringkas dibandingkan dengan celana jeans karena ketebalannya (kecuali saat musim dingin di Tanah Suci atau Anda mengambil paket umroh plus plus Turki disaat musim dingin).

  • Pakaian untuk Anda Kenakan Saat Tidur

Meskipun Anda bebas membawa pakaian tidur apa saja seperti celana pendek dan kaus oblong, pertimbangkan juga dengan siapa Anda menginap di kamar hotel apakah berdua, bertiga, atau berempat. Juga apakah dalam satu kamar adalah keluarga Anda sendiri atau dengan keluarga lain. Jangan sampai mereka tidak nyaman karena pakaian tidur Anda.

  • Sarung

Bila peru, yang juga berfungsi sebagai selimut.

  • Pakaian Dalam

Secukupnya sesuai dengan jumlah hari umroh Anda.

  • Jaket atau Sweeter bila Anda berumroh saat musim dingin dan/atau Baju atau jaket tipis bila Anda berumroh saat musim panas.
  • Bawalah Sajadah yang Tipis Saja

Karena seluruh areal masjid telah dilengkapi sajadah. Selain itu sajadah juga dapat Anda gunakan untuk pelindung kepala bila matahari bersinar terik

  • Perlengkapan Gadget

Jangan lupa untuk membawa charger dan colokan listrik karena bentuk stop kontak di Arab Saudi berbeda dengan stop kontak di negara kita.

  1. Obat-obatan
  1. Perlengkapan Umroh untuk Perempuan

Secara garis besar perlengkapan umroh antara laki-laki dan perempuan tidak banyak berbeda, Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Asalkan baju umroh, pakaian, dan hijab yang Anda  kenakan telah memenuhi syar’i, tidak memperlihatkan aurat, tidak terlalu ti[is atau ketat.

Berikut perlengkapan umroh bagi perempuan:

  1. Bergo seragam dari putih
  2. Gamis / rok atau kulot lebar (disarankan berwarna putih/lembut)
  3. Mukena atasan
  4. Sandal dan Tas Plastik
  1. Kacamata Hitam bila diperlukan
  2. Pakaian tidur, Anda dapat membawa kulot lebar dan tunik atau gamis.
  3. Pakaian dalam secukupnya
  4. Kacamata sehari-hari untuk membantu pengihatan baik jarak dekat atau jauh (jika perlu)
  5. Pelembab/handbody
  6. Sweeter/Jaket
  7. Kaos kaki tebal
  8. Charger handphone beserta colokannya
  9. Obat-obatan pribadi
  1. Perlengkapan Umroh yang Harus Anda Bawa di Kabin Pesawat (Tas Kecil atau Ransel)
  2. Buku do’a / Al Quran yang dapat Anda baca selama perjalanan
  3. Handphone / tablet / laptop / kamera, pastikan dalam kondisi mati selama berada dipesawat.
  4. Dompet berisi uang tunai secukupnya
  5. Peralatan sholat
  6. Makanan ringan secukupnya
  7. Obat-obatan pribadi
  8. Minuman saat menunggu di bandara

By wahyu saputro

Artikel biaya paket umroh dan haji furoda plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *